Muhammad Al-Fatih, Sungguh Luar Biasa Shalatnya…


Image

Kontantinopel akan jatuh ke tangan tentara Islam. Rajanya adalah sebaik-baik raja, tentaranya adalah sebaik-baik tentara.” (HR. Imam Ahmad)

Hadits Nabi di atas ternyata terbukti ketika tepat jam 1 pagi hari, Selasa 20 Jumadil Awal 857 H atau bertepatan dengan tanggal 29 Mei 1453 M, tentara Utsmaniah dibawah pimpinan Sultan Muhammad Al-Fatih akhirnya berhasil menembus kota Konstantinopel melalui pintu Edirne dan mengibarkan bendera Daulah Utsmaniah di puncak kota.

Setelah Konstantinopel dikuasai oleh umat Islam, ada suasana yang menarik sewaktu pertama kali umat Islam akan menunaikan shalat Jum’at. Timbul pertanyaan di benak kaum muslimin dan benak Muhammad Al-Fatih mengenai siapa yang akan menjadi imam dari shalat tersebut.

Kemudian Muhammad Al-Fatih berdiri lalu berucap, “Siapa diantara kita yang sejak baligh sampai sekarang pernah meninggalkan shalat fardhu walaupun sekali saja, silakan duduk?” Tidak ada seorangpun dari tentaranya yang duduk.

Muhammad Al-Fatih kemudian bertanya lagi, “Siapa diantara kita yang sejak baligh sampai sekarang pernah meninggalkan shalat sunnah rawatib, silakan duduk.” Sebagian dari tentaranya lalu ada yang duduk.

Kemudian Muhammad Al-Fatih bertanya lagi, “Siapa diantara kalian yang sejak baligh sampai sekarang pernah meninggalkan shalat tahajjud walaupun satu kali saja?” Kali ini, semua tentaranya duduk, kecuali Muhammad Al-Fatih, sehingga yang menjadi imam shalat Jum’at pertama kali di Kontantinopel adalah dia sendiri.

Dalam sejarah dikatakan bahwa Muhammad Al-Fatih sejak baligh tidak pernah meninggalkan shalat fardhu, shalat sunnah rawatib, dan shalat tahajjud. Inilah panglima perang sekaligus pemimpin pemerintahan yang patut ditiru dan diteladani, sesuai dengan isyarat Rasulullah dalam haditsnya, Muhammad Al-Fatih merupakan sebaik-baiknya raja dan bala tentaranya.

Sungguh luar biasa shalatnya Muhammad Al-Fatih, Sultan Daulah Utsmaniah penahluk kota Konstantinopel…

Darwin, 17 Februari 2013

Sumber: “Laskar Surga” oleh Ahmad Luthfi Surrah

About these ads

1 Comment

  1. March 3, 2013 at 2:08 pm

    subhanallah…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 86 other followers

%d bloggers like this: